Laman

Selasa, 25 Januari 2011

RESENSI BUKU HUKUM

RESENSI BUKU HUKUM I

POKOK-POKOK HUKUM ACARA PERDATA PERADILAN AGAMA DAN MAHKAMAH SYARIAH DI INDONESIA

JUDUL RESENSI : HUKUM ACARA PERDATA PERADILAN AGAMA DAN

MAHKAMAH SYARIAH

PENULIS : Drs. M. Fauzan, SH., MM.

PENERBIT : Kencana

CETAKAN : Januari 2007 (Cetakan ke- 3)

TEBAL BUKU : 206 Halaman

Buku ini menyajikan asas-asas peradilan dan pokok-pokok hukum acara perdata yang berlaku di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agma, dan Mahkamah Syariah di Indonesia. Karena penerapan hukum acara perdata itu bersifat imperatif, maka pengetahuan dan pemahaman terhadap pokok-pokok kandungan hukum acara perdata sangat penting, agar kemungkinan bergesernya penerapan dapat diminimalisir.

Buku ini disusun dengan mensistematisir seluruh pasal-pasal acara dalam peraturan perundang-undangan, dan mengklasifisir tahapan permasalahan acara, agar para hakim, advokat, dosen, mahasiswa dapat dengan mudah menemukan pasal-pasal acara tertentu yang berkaitan dengan proses acara yang sedang berjalan.

Akan tetapi, dalam buku ini tidak terdapat penjelasan yang terperinci dari setiap pasal-pasal sehingga sebagian orang tidak mudah dalam memahami buku ini.

RESENSI BUKU HUKUM II

FIQH ISLAM

JUDUL RESENSI : ILMU FIQH

PENULIS : H. SulaimanRasjid

PENERBIT : Sinar Baru Algensindo

CETAKAN : 2007 (Cetakan ke- 40)

TEBAL BUKU : 510 Halaman

Buku ini disajikan secara singkat namun sarat akan ajaran yang sangat mendasar dan memberikan gambaran yang luas mengenai Fiqhul Islami. Bagi umat islam mempelajari ilmu fiqh hukumnya fardhu ‘ain dan fardhu kifayah. Kitab ini memuat bab ibadah, muamalah, munakahah, dan jinayah yang diperkuat oleh dalil-dalil Al-Quran, hadis, ijma’ dan qiyas.

Dalam buku ini juga menuntun kita untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena ilmu fiqh melebihi segala ilmu, sebagaimana Rasulullah SAW. Bersabda, “Barang siapa dikehendaki suatu kebaikan oleh Allah SWT., maka ia diberi pemahaman masalah agama (ahli fiqh)”.

Bagi para pembaca yang ingin mempelajari ilmu fiqh dianjurkan untuk tidak hanya membaca buku ini tapi juga membaca buku lain seperti buku “ Bidayatul Mujtahid, Bulughul Maram, dan buku fiqh para Imam Mazhab” sehingga pembaca bisa memahami dan mempraktekkannya di lapangan.

RESENSI BUKU III

METODE PENELITIAN

JUDUL RESENSI : METODE PENELITIAN ILMIAH

PENULIS : Moh. Nazir, Ph. D

PENERBIT : Ghalia Indonesia

CETAKAN : Oktober 2005 (Cetakan ke- 6)

TEBAL BUKU : 544 Halaman

Buku ini mencakup metode, prosedur, dan teknik penelitian yang secara umum biasa dipergunakan dalam penelitian ilmu sosial dan ilmu natural. Penjelasan-penjelasan dalam buku ini diarahkan untuk memberikan bekal teori dan terapan kepada mahasiswa dan peneliti muda dalam rangka memecahkan masalah penelitian dengan pendekatan ilmiah. Penekanan diberikan kepada pengertian tentang metode ilmiah serta hubungannya dengan design dan metodologi dalam memecahkan masalah penelitian, jenis-jenis metode penelitian yang lazim digunakan, serta teknik-teknik yang lumrah dipergunakan dalam mengumpulkan dan menganalisis data.

Dalam buku ini teknik terapan ditekankan kepada metode survei dan metode percobaan serta membentuk pemikiran kritis dan analisis tentang sampling maupun desain percobaan. Materi pokok mencakup kajian tentang pentingnya penelitian, perumusan masalah penelitian, study kepustakaan, perumusan dan teknik menguji, hipotesis, teknik pengumpulan data, analisis dan pemberian interprestasi, serta penulisan makalah ilmiah.

Dalam setiap pembahasan di buku ini, terdapat banyak kekurangan diantaranya contoh-contoh dari pengertian dan pembahasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar