Laman

Kamis, 30 Desember 2010

Obesitas Sulitkan Penyerapan Vitamin D

Satu lagi kerugian jika seseorang kegemukan. Semakin gemuk seseorang, maka makin rendah kadar vitamin D pada tubuh, demikian laporan studi yang dilakukan para peneliti Norwegia.

Studi tersebut menemukan bahwa terjadi hubungan kebalikan antara kelebihan berat badan dan tidak memadainya jumlah vitamin D, yang penting untuk kesehatan sel, penyerapan kalsium dan fungsi imunitas. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko terjadinya pemburukan tulang dan kanker jenis tertentu.

Para peneliti juga menegaskan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan kegemukan mungkin memiliki masalah dalam memproses vitamin dengan baik, demikian menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition edisi Januari 2011.

Tim tersebut mencatat bahwa vitamin D awalnya diserap (melalui paparan sinar matahari atau konsumsi makanan seperti minyak ikan dan susu terfortifikasi), tubuh kemudian akan mengonversinya ke bentuk yang bisa dimanfaatkan, disebut 1,25-dihydroxyvitamin D. Namun demikian proses konversi ini tampaknya terganggu pada orang-orang yang gemuk, sehingga tubuh gagal mendapatkan asupan vitamin D yang memadai.

Untuk menyelidiki dampak obesitas terhadap penyerapan vitamin D, para peneliti menghabiskan 6 tahun untuk meneliti jejak 1.464 perempuan dan 315 laki-laki, dengan usia rata-rata 49 tahun. Didasarkan pada indeks massa tubuh (BMI) peserta, sebuah indikator lemak tubuh yang dihitung dari berat badan dan tinggi, rata-rata partisipan cenderung mengalami kegemukan. Sekira 11% bahkan masuk kategori ‘sangat gemuk’.

Dari studi diketahui bahwa kadar vitamin D ditemukan di bawah rata-rata yang dinyatakan sehat. Pada akhir studi ditemukan bahwa secara umum kadar vitamin D menurun secara bermakna saat terjadi kenaikan BMI sebesar 5%.

Para tim riset menyimpulkan bahwa memiliki berat badan di atas normal, lemak tubuh dan BMI dikaitkan dengan profil vitamin D yang rendah. Misalnya, orang dengan BMI terendah memiliki kadar vitamin D 14% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki BMI tinggi.

Peneliti menyarankan orang yang kelebihan berat badan dan kegemukan kemungkinan dapat dibantu dengan suplementasi vitamin D dan lebih banyak terkena sinar matahari.(go4/*)

http://www.metrotvnews.com/read/news/2010/12/31/38188/Obesitas-Sulitkan-Penyerapan-Vitamin-D/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar