Laman

Jumat, 06 Januari 2012

Jangan Menidurkan Bayi dengan Botol Susu

Ghiboo.com - Bila tak sedini mungkin diberikan perawatan yang tepat, lebih dari 40-50 persen anak akan terkena kerusakan gigi sebelum usia 5 tahun. Bahkan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika, kerusakan gigi lebih banyak mempengaruhi anak dibandingkan penyakit menular lainnya.

Baru-baru ini, The Chicago Tribune melaporkan penyebab utama masalah kesehatan gigi adalah botol minuman bayi. Para orangtua juga diingatkan untuk tidak menidurkan anak mereka di atas tempat tidur dengan botol berisi minuman manis, termasuk susu, jus buah atau bahkan ASI, karena meningkatkan risiko kerusakan gigi pada anak.

Bakteri dalam mulut si kecil merubah gula yang berasal dari minuman bayi. Terendamnya gigi dalam cairan tersebut merupakan tempat yang sangat ideal untuk bakteri berkembang biak dan menghasilkan asam, yang menyebabkan lubang pada gigi. Bila bayi dibiarkan seharian dalam keadaan tersebut, maka bakteri akan terus tumbuh sampai anak menyikat giginya keesok pagi.

"Penyakit ini 100 persen bisa dicegah, dengan cara tidak menidurkan anak di atas kasur dengan botol minumannya," ungkap Indru Punwani, dokter anak di University of Illionis Medical Center, seperti yang dikutip melalui dentalplans, Jumat (6/1).

oleh innes,Jum'at, 06/01/2012 20:00 WIB

referensi:http://health.ghiboo.com/jangan-menidurkan-bayi-dengan-botol-susu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar